PLC Teh Botol Sosro




PRODUCT LIFE CYCLE
“TEH BOTOL SOSRO”

        Siklus hidup produk adalah suatu konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk. Siklus hidup produk juga dapat disebut sebagai suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan dipasar sampai dengan ditarik dari pasar. Menurut pakar pemasaran bernama Basu Swastha daur hidup produk itu dibagi menjadi beberapa tahap yaitu, perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan kemunduran.
            Berikut tahapan daur hidup produk “Teh Botol Sosro” :

  1. 1.       Tahap Perkenalan

Pada tahap ini produk Teh Botol Sosro mulai dipasarkan dalam jumlah yang besar  walaupun jumlah penjualannya belum tinggi. Teh Botol Sosro pada masa itu tampil sebagai produk teh siap minum pertama yang dijual dipasaran dengan kemasan botol kaca . Sejarah dari pemilihan kemasan botol ini karena anak-anak sekolah dahulu biasa membawa minum teh yang kemudian ditempatkan dalam botol. Promosi terus digencarkan agar konsumen tertarik akan produk yang ditawarkan namun, biaya untuk promosi tidaklah sedikit butuh biaya yang besar untuk mempromosikan produk baru kepada masyarakat.

  1. 2.      Tahap Pertumbuhan

Dalam tahap ini pertumbuhan penjualan serta laba semakin meningkat karena masyarakat telah mengenal produk tersebut. Promosi yang dilakukan tidak perlu segencar tahap perkenalan. Selain produk telah banyak diminati konsumen, pada tahap ini mulai muncul beberapa pesaing seperti Teh Kotak, The Gelas dan banyak produk pesaing lainnya.

  1. 3.      Tahap Kedewasaan

Pada tahap ini penjualan masih tetap tapi mulai banyak konsumen yang tertarik pada produk pesaing, persaingan harga pun menjadi sangat tajam. Perusahan perlu memperkenalkan produknya dengan model serta varian baru kepada masyarakat. Inovasi dari produk Teh Botol Sosro yaitu tersedianya berbagai ukuran dari teh yang tidak hanya dikemas dalam botol kaca tapi juga dalam bentuk botol plastik serta ada pilihan varian less sugar untuk konsumen yang tidak suka minuman yang manis. Sehingga produk Teh Botol Sosro masih menjadi minuman yang mendapatkan tempat dihati konsumen samapi saat ini.

Strategi Siklus Hidup Produk :

  1. 1.      Tahap perkenalan

Pada tahap ini perusahaan menggunakan strategi  penetrasi cepat dimana produk di luncurkan dengan harga rendah dan biaya promosi yang cukup besar. Terdapat persaingan potensial yang kuat, biaya produksi menurun sejalan dengan skala produksi dan pengalaman produksi dari produk.

  1. 2.      Tahap pertumbuhan

Pada tahap ini perusahaan menambahkan model-model baru dan produk penyerta yaitu tersedianya produk dengan berbagai ukuran serta rasa. Perusahaan mengalihkan iklan yang membuat orang menyadari produk ke iklan yang dapat membuat orang memilih produk.

  1. 3.      Tahap kedewasaan

Perusahaan menggunakan strategi defensive dimana perusahaan dalam mempertahankan pasar menggunakan strategi ini yang akan mempengaruhi bauran pemasaran. Selain itu perusahaan juga menggunakan strategi perbaikan model untuk menambah daya tarik produk berupa model, kemasan dan tampilan produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar