bab 5



Kegiatan belajar 5
Pemasaran menggunakan email marketing

A.    Pengertian email marketing
Email marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran(promosi) untuk menarik pelanggan.
Email marketing dibagi menjadi 2 yaitu:
·         Surat elektronik promosi(email promotion)
·         Retention based e-mails(aka newsletter)
 Alasan mengapa surat elektronik digunakan dalam teknik pemasaran karena,cepat serta sederhana, surat elektronik juga efektif untuk memasarkan produk ke tempat yang jauh dan tersebar di berbagi lokasi, biaya yang dibutuhkan juga lebih murah untuk memasarkan produk, dengan surat elektronik akan terjalin hubungan baik antara  penjual dengan konsumen, dengan surat elektronik juga dapat meningkatkam jumlah pelanggan yang mengunjungi website perusahaan.
B.     Bagian –bagian dalam surat elektronik
a)      Preheader adalah satu atau dua baris teks yang di tampilkan di bagian atas surat elektronik(header).
b)      Header, bagian ini terdiri dari “ke”, “dari”, dan “membalas”. Pada bagian ini dapat di gunakan untuk membangun hubungan baik dengan konsumen.
c)      Subyek line,bagian ini merupakan bagian terpenting dari surat elektronik karena dapat membantu pembaca dalam mengidentifikasi dan menarik para calon konsumen untuk membacanya.
d)     Personalisasi ucapan ,dengan basis data yang memiliki kemampuan untuk menyimpan nama pembaca sehingga dapat meningkatkan respon pelanggan.
e)      Body(tubuh), ini merupakan bagian surat elektronik yang didalamnya terdapat isi dari pesan yang akan di sampaikan kepada para pembaca.
f)       Footer, bagian ini dapat membantu untuk membangun konsisitensi, dimanaperusahaan dapatmenempatkan rincian kontak yang mencangkup nama dan kontak email perusahaan.
C.     Etika dalam pengiriman surat elektronik:
                                 1.         Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran yang terlalu besar.
                                 2.         Jangan mengirim”lanjutkan” surat elektronik tanpa berfikir kegunaan bagi orang yang di tuju.
                                 3.         Selalu isi kolom subyek, jangan di biarkan kosong.
                                 4.         Dalam mengutip tulisan orang lain, usahakan mengutip sesuai dengan hal yang ingin di sampaikan, lebih baik tidak mengutipseluruh tulisan orang itu.
                                 5.         Jangan menggunakan huruf capital karena dapat menimbulkan kesan anda berteriak.
                                 6.         Gunakn kata-kata dengan santun.
D.    Langkah-langkah pembuatan surat elektronik:
1.      Buka browser anda
2.      Ketikan alamat www.mail.google.com pada address bardan tekan enter pada keyboard.
3.      Pilih buat akun.
4.      Isi formulir pendaftaran sesuai dengan biodata anada, jikatelah selesai pilih langkah berikutnya
Setelah anda selesai membuat akun surat elektronik maka untuk menggunakanya anda harus login terlebih dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar